BERPARTISIPASI DALAM HARI RAYA IDUL ADHA, MAHASISWA UIN SUSKA RIAU MENJADI PANITIA KURBAN

 




Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang selalu diperingati oleh umat muslim di dunia. Dalam pelaksanaannya, biasanya akan dilakukan pemotongan hewan kurban, bisa berupa unta, sapi, kerbau ataupun kambing. Setelah melakukan pemotongan, daging-daging tersebut akan dibagikan kepada masyarakat baik muslim maupun non muslim.

Hal ini membuka peluang emas bagi beberapa mahasiswa UIN Suska Riau, untuk membantu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Mesjid Al-Amin yang terletak di Jl. Ibadah, Kota Pekanbaru menjadi tujuan mahasiswa tersebut. Setelah mendapat izin dari ketua panitia kurban, mereka pun bertugas mendata nama-nama warga disekitar masjid Al-Amin untuk dibagikan kupon kurban. Diantara kawasan yang didata oleh mahasiswa tersebut yaitu Perum. Villa Maharaja, Perum. Rawamangun, Cluster Bali Pavilion, dan Grand Ubud Residence. Dan kegiatan ini dilaksanakan pada H-2 Hari raya Idul Adha 1441 H (29/7/2020).

Dikarenakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari jumat, maka panitia di daerah ini berinisiatif untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020. Pada hari itu, mahasiswa-mahasiswa tersebut kembali melanjutkan tugasnya. 2 mahasiwi perempuan bertugas mencatat nama-nama peserta kurban yang baru hadir di meja pendaftaran ulang. Sedangkan 2 mahasiswa laki-laki bertugas menguliti daging sapi dan kambing yang telah disembelih, memotong-motong daging, dan membagi-bagi daging tersebut di kantong yang sudah disediakan. Sekitar pukul 13.00 daging-daging tersebut sudah siap untuk di bagi-bagikan kepada masyarakat yang memiliki kupon kurban.

Ada yang menarik dalam pengambilan daging kurban, awalnya masyarakat berdesak-desakan untuk memberikan kuponnya kepada panitia. Namun mahasiswi-mahasiswi tersebut dengan sigap mengatur masyarakat dalam barisan antrian, sehingga proses pengambilan daging kurban dapat lebih teratur.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ada beberapa mahasiswa yang terlibat yaitu Dita Chairunnisa, Jurusan Ilmu Komunikasi ( Kel. 217 bimbingan Weni Puji Hastuti, S.Sos, M. KP), Devita Agnesti Yolanda Putri, Jurusan Ilmu Komunikasi (Kel. 14 bimbingan Ari Nur Wahidah, SE., MM), Ade Yulio Resta, Jurusan Ilmu Komunikasi (Kel. 16 bimbingan Assyari Abdullah, S.Sos., M.I.Kom ) dan Safwan Al Munawwar, Jurusan Ilmu Komunikasi (Kel.169 bimbingan Novita Hera, S.P, M.P)

Komentar